Harga BBM di Indonesia Naik, Ini dia Perbandingan Harga BBM Indonesia dengan Negara Lain

0 0
SPBU Pertamina Milik Indonesia


Liberalnews – Baru-baru ini, seorang cendekiawan Indonesia mengulas kembali topik lama tentang perbedaan harga BBM Indonesia dengan negara-negara Asia lainnya.

Pendapat para sarjana adalah bahwa dengan kenaikan harga BBM saat ini dan nilai tukar mata uang di Indonesia, ada baiknya membuat ringkasan perbedaan antara harga BBM Indonesia dan harga di negara-negara Asia lainnya. Kesimpulan dari perbandingan ini adalah di Asia Tenggara, harga BBM Indonesia lebih murah dari Thailand tetapi lebih mahal dari Malaysia. Di Amerika Latin, harga BBM Indonesia lebih murah dari Meksiko tapi lebih mahal dari Ekuador.

Sarjana Indonesia menyimpulkan bahwa ada tiga faktor yang perlu dipertimbangkan ketika membandingkan harga bahan bakar: pasokan dan permintaan minyak, biaya kilang dan nilai tukar mata uang.

Harga bahan bakar di Indonesia terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, jauh melampaui inflasi dan biaya hidup. Peningkatan ini dapat dikaitkan dengan berbagai faktor, mulai dari deregulasi sektor kelistrikan hingga pembangunan kilang minyak baru, tetapi semua faktor ini telah menyebabkan pasar di mana harga bahan bakar didorong oleh kombinasi pasokan dan tuntutan.

Satu hal yang dilakukan oleh kenaikan harga ini adalah untuk mendorong orang Indonesia menggunakan cara mereka sendiri untuk mengurangi konsumsi bahan bakar. Misalnya, lebih banyak orang beralih dari mobil dengan mesin pembakaran internal ke mobil dengan mesin listrik, yang dapat menghasilkan penghematan besar pada biaya bahan bakar. Dengan cara yang sama, orang-orang juga memperbaiki rumah mereka untuk efisiensi energi. Misalnya, mereka mengisolasi atap atau menggunakan kipas langit-langit yang lebih efisien. Bukan hal yang aneh bagi rumah tangga (dan bahkan usaha kecil) untuk memasang panel surya di atap mereka juga, meskipun itu biasanya masuk akal karena mereka tinggal di daerah dengan sumber daya yang melimpah.

Presiden Jokowi mengaku, keputusan penyesuaian harga BBM bersubsidi merupakan perihal yang berat. Tetapi bagi ia apa boleh dikata, dikala ini keadaan Anggaran Pemasukan Belanja Negeri( APBN) dirasa telah tidak lagi sanggup menanggu perihal tersebut.

Gimana Harga BBM Negeri Lain?

SPBU Petronas Milik Malaysia


Peningkatan harga BBM di beberapa negeri telah terjalin semenjak lama. Tingginya harga tenaga ini jadi faktor inflasi di beberapa negeri. Lalu berapa harga bensin di luar negara sesungguhnya?

Berikut ini perbandingan harga BBM Indonesia dengan negara- negara di Asia Tenggara yang mengutip dari halaman Global Petrol Prices pada 31 Agustus 2022

1. Malaysia

Harga BBM di Malaysia buat RON 95 setara Pertamax tercatat Rp6. 784 per liter. Sebaliknya buat tipe solar sebesar Rp7. 111 per liter.

2. Filipina

Harga BBM di Filipina buat RON 95 Rp19. 226 per liter. Sebaliknya buat tipe solar Rp18. 915 per liter.

3. Hong Kong

Harga BBM di Hongkong buat RON 95 Rp19. 226 per liter. Sebaliknya buat tipe solar Rp144. 258 per liter.

4. Thailand

Harga BBM di Thailand buat RON 95 Rp18. 692 per liter. Sebaliknya buat tipe solar Rp14. 282 per liter.

5. Vietnam

Harga BBM di Vietnam buat RON 95 Rp15. 990 per liter. Sebaliknya buat tipe solar Rp15. 188 per liter.

6. Laos

Harga BBM di Laos buat RON 95 Rp25. 328 per liter. Sebaliknya buat tipe solar Rp18. 365 per liter.

7. Singapura

Harga BBM di Singapore buat RON 95 Rp29. 100 per liter. Sebaliknya buat tipe solar Rp29. 204 per liter.

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.